Standar Pelayanan

PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN PINDAH WARGA NEGARA INDONESIA (SKPWNI)

Persyaratan :

1.   Perpindahan WNI dalam 1 Kab/Kota :
a. Fotocopy KK;
b.  Fotocopy KK yang akan ditumpangi (Jika akan menumpang KK);
c. Dalam hal penduduk menumpang KK, menyewa rumah, kontrak dan kost perlu menyerahkan surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik rumah;
2.  Perpindahan WNI antar Kab/Kota/Provinsi :
a.   Fotocopy KK;




Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

1. Tatap muka langsung
a.   Pemohon mengisi Formulir F-1.03;
b.  Front Office menerima permohonan Surat Keterangan Pindah
Warga Negara Indonesia (SKPWNI);
c.   Front Office meneliti kelengkapan berkas persyaratan. Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data. Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon;
d.  Front Office menginput data di SIAK dan aplikasi loket dan diteruskan ke Validator;
e. Validator  mengoreksi  dan  memvalidasi  permohonan SKPWNI. Serta memverifikasi pengajuan Tanda Tangan Elektronik SKPWNI. Jika setuju meneruskan kepada Kepala Dinas.  Jika tidak setuju mengembalikan ke front office;
f.   Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik /TTE Surat
Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI);
g.  Bagian Produksi mencetak Surat Keterangan Pindah Warga
Negara Indonesia (SKPWNI) dan melakukan update status menjadi sudah dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
h.  Petugas Pengambilan menyerahkan Surat Keterangan Pindah
Warga Negara Indonesia (SKPWNI) kepada pemohon;

2.   Daring (Online)
a. Pemohon mengisi Formulir F-1.03 dan mengirim berkas persyaratan secara Online, untuk cetak mandiri pemohon wajib mengisi alamat email;
b.  Front Office menerima permohonan Surat Keterangan Pindah
Warga Negara Indonesia (SKPWNI);
c.  Front Office meneliti kelengkapan berkas persyaratan. Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data. Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon dan akan mendapatkan SMS pembatalan;
d.  Front Office menginput data di SIAK dan aplikasi loket dan
diteruskan ke Validator;
e.   Validator     mengoreksi     dan     memvalidasi     permohonan
SKPWNI. Serta memverifikasi pengajuan Tanda Tangan Elektronik SKPWNI. Jika setuju meneruskan kepada Kepala Dinas.  Jika tidak setuju mengembalikan ke front office;
f.   Kepala  Dinas memproses Sertifikasi  Elektronik /TTE  Surat
Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI);
g.  Bagian  Produksi  mengupload  file  pdf   Surat  Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dan melakukan update status menjadi sudah dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pencetakan/pengambilan;
h.  Pemohon mengambil Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) di loket online. Apabila pemohon memilih cetak mandiri melalui email pribadi maka SKPWNI dapat  dicetak secara  mandiri oleh  pemohon  menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram;




Jangka Waktu Pelayanan :

1 (satu) hari kerja 




Biaya / Tarif :

Tidak ada biaya/tarif 




Produk Pelayanan :

SKPWNI




Pengelolaan Pengaduan, saran dan masukan :

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri hanya menangani pengaduan yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang menjadi kewenangannya;

2. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, saran dan masukan melalui :

a.    Petugas Pengaduan;

b.   Media non Elektronik      :  surat dan kotak pengaduan;

c.   Media elektronik               :

Telepon                              :  (0273) 321468

Whatsapp/Telp/SMS      :  0823-2872-9953

Website                              :   www.disdukcapil.wonogirikab.go.id ; www.lapor.go.id

Email                                  :  disdukcapil@wonogirikab.go.id

Twiter                                 :  @disdukcapilwng 

Instagram                           :  disdukcapilwng

Facebook                            :  disdukcapilwng

Youtube                              :  Disdukcapil Wonogiri

 

3.    Pengaduan yang disampaikan secara langsung dan dapat diselesaikan saat pengaduan diterima maka petugas pengaduan akan menyampaikan jawaban saat itu juga dengan sepengetahuan atasan/pimpinan;

4.    Pengaduan yang memerlukan kajian lebih lanjut akan diselesaikan melalui tahap : a.   Pemeriksaan lapangan; b.  Rapat koordinasi.

5.     Jawaban atas pengaduan akan disampaikan secara lisan atau tertulis. 




Dasar Hukum :

1. Undang-undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang  Administrasi Kependudukan  sebagaimana  telah  diubah  dengan  UU  no  24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan;

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

3. Peraturan  Presiden  Republik Indonesia  Nomor  96  Tahun  2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan. 




Jumlah Pelaksana:

1.  Customer Service                    :  1 orang

2.  Front Office                              :  7 orang

3.  Validator                                   :  4 orang

4.  Produksi                                   :  3 orang

5.  Petugas Pengambilan             :  1 orang

6.  Kepala Dinas                            :  1 orang 

   Lihat Standar Pelayanan Selengkapnya