DISDUKCAPIL KOTAWARINGIN BARAT LAKUKAN STUDI TIRU LAYANAN FO LOKET PELAYANAN ADMINDUK DESA/KELURAHAN DI KABUPATEN WONOGIRI
Wonogiri – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri kembali menjadi rujukan nasional dalam pengembangan pelayanan administrasi kependudukan berbasis desa/kelurahan/kecamatan. Hal ini ditandai dengan adanya permohonan koordinasi studi lapangan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan TengahRombongan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat tiba di Wonogiri dengan dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kotawaringin Barat, Tengku Muhamad Aqil Noor. Kehadiran rombongan ini bertujuan untuk melaksanakan studi lapangan bagi Front Office (FO) loket desa/kelurahan/kecamatan, khususnya yang menerapkan layanan administrasi kependudukan berbasis digital melalui inovasi SISEGA (Sistem Layanan Desa/Kelurahan). Sebanyak 7 FO Loket Desa/Kelurahan/Kecamatan terbaik dari Kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti rangkaian kegiatan ini.Disdukcapil Kabupaten Wonogiri mengajak rombongan dari Disdukcapil Kotawaringin Barat juga melakukan kunjungan langsung ke titik layanan Adminduk di Wonogiri, yaitu Kelurahan Giripurwo, Desa Bulusulur, dan Kecamatan Wonogiri. Di lokasi-lokasi tersebut, rombongan melihat secara nyata proses pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan petugas, mulai dari alur penerimaan berkas, pemanfaatan layanan digital, hingga penanganan langsung kebutuhan dokumen masyarakat. Kehadiran mereka menjadi kesempatan untuk mempelajari praktik terbaik pelayanan berbasis desa/kelurahan yang selama ini telah berhasil diterapkan Wonogiri.Melalui kegiatan ini, Disdukcapil Wonogiri kembali menunjukkan posisinya sebagai salah satu kabupaten dengan inovasi layanan Adminduk terbaik di Indonesia, terutama pada penguatan layanan berbasis desa/kelurahan/kecamatan yang semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.Kegiatan studi lapangan ini diharapkan memperkuat kerja sama, transfer pengetahuan, dan pertukaran praktik baik antara kedua daerah dalam upaya menghadirkan layanan administrasi kependudukan yang semakin cepat, mudah, responsif, dan berkualitas bagi seluruh masyarakat.