Standar Pelayanan

PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN DATANG WARGA NEGARA INDONESIA (SKDWNI)

Persyaratan :

1.   Surat Keterangan Datang Pindah WNI (SKDWNI) dari daerah asal;
2.   Dalam hal penduduk menumpang KK, menyewa rumah, kontrak dan kost perlu menyerahkan surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik rumah;
3.   KTP-EL dan/atau KIA alamat lama;




Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

1. Tatap muka langsung
a.   Pemohon menyerahkan berkas persyaratan;
b.  Front Office menerima permohonan Surat Keterangan Datang Warga Negara Indonesia (SKDWNI);
c.   Front Office meneliti kelengkapan berkas persyaratan. Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data. Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon;
d.  Front Office menginput data di aplikasi loket dan diteruskan ke Validator;
e.  Validator mengoreksi dan memvalidasi permohonan Surat Keterangan Datang Warga Negara Indonesia (SKDWNI). Jika setuju meneruskan ke front office untuk di input di aplikasi SIAK;
f. Front    Office    menginput    data    di   aplikasi    SIAK    dan Mengupload draft Kartu Keluarga pada aplikasi loket dan diteruskan ke Validator;
g.  Validator mengoreksi dan memvalidasi draft Kartu Keluarga. Jika setuju meneruskan ke bagian produksi. Jika tidak setuju mengembalikan ke front office;
h.  Bagian   produksi   memproses   pengajuan   Tanda   tangan Elektronik Kartu Keluarga;
i.   Validator memverifikasi pengajuan Tanda Tangan Elektronik Kartu Keluarga. Jika setuju meneruskan kepada Kepala Dinas. Jika tidak setuju mengembalikan ke bagian produksi;
j.    Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik /TTE Kartu Keluarga;
k.  Bagian Produksi mencetak Kartu Keluarga dan KTP-EL dan melakukan  update  status  menjadi  sudah  dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
l. Bagian  Pengambilan  Kartu  Keluarga  dan  KTP-EL  kepada pemohon.
 

2.   Daring (Online)
a.   Pemohon  mengirimkan  berkas  persyaratan  secara  Online, untuk cetak mandiri pemohon wajib mengisi alamat email;
b.  Front Office menerima permohonan Surat Keterangan Datang Warga Negara Indonesia (SKDWNI);
c.   Front Office meneliti kelengkapan berkas persyaratan. Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data. Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon dan akan mendapatkan SMS pembatalan;
d.  Front Office menginput data di aplikasi loket dan diteruskan ke Validator;
e.   Validator  mengoreksi dan  memvalidasi permohonan  Surat Keterangan Datang Warga Negara Indonesia (SKDWNI). Jika setuju meneruskan ke front office untuk di input di aplikasi SIAK;
f.   Front    Office    menginput    data    di   aplikasi    SIAK    dan Mengupload draft Kartu Keluarga pada aplikasi loket dan diteruskan ke Validator;
g.  Validator mengoreksi dan memvalidasi draft Kartu Keluarga. Jika setuju meneruskan ke bagian produksi. Jika tidak setuju
mengembalikan ke front office;
h.  Bagian   produksi   memproses   pengajuan   Tanda   tangan Elektronik Kartu Keluarga;
i. Validator memverifikasi pengajuan Tanda Tangan Elektronik Kartu Keluarga. Jika setuju meneruskan kepada Kepala Dinas. Jika tidak setuju mengembalikan ke bagian produksi;
j.    Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik /TTE Kartu Keluarga;
k.  Bagian Produksi Mencetak Kartu Keluarga dan KTP-EL serta mengupload file pdf Kartu Keluarga dan melakukan update status menjadi sudah dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pencetakan/pengambilan;
a.   Pemohon  mengambil  Kartu Keluarga  dan KTP-EL di loket online. Apabila pemohon memilih cetak mandiri melalui email pribadi maka Kartu Keluarga dapat dicetak secara mandiri oleh pemohon menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram.




Jangka Waktu Pelayanan :

1 (satu) hari kerja 




Biaya / Tarif :

Tidak ada biaya/tarif 




Produk Pelayanan :

Kartu Keluarga (KK)




Pengelolaan Pengaduan, saran dan masukan :

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri hanya menangani pengaduan yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang menjadi kewenangannya;

2. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, saran dan masukan melalui :

a.    Petugas Pengaduan;

b.   Media non Elektronik      :  surat dan kotak pengaduan;

c.   Media elektronik               :

Telepon                              :  (0273) 321468

Whatsapp/Telp/SMS      :  0823-2872-9953

Website                              :   www.disdukcapil.wonogirikab.go.id ; www.lapor.go.id

Email                                  :  disdukcapil@wonogirikab.go.id

Twiter                                 :  @disdukcapilwng 

Instagram                           :  disdukcapilwng

Facebook                            :  disdukcapilwng

Youtube                              :  Disdukcapil Wonogiri

 

3.    Pengaduan yang disampaikan secara langsung dan dapat diselesaikan saat pengaduan diterima maka petugas pengaduan akan menyampaikan jawaban saat itu juga dengan sepengetahuan atasan/pimpinan;

4.    Pengaduan yang memerlukan kajian lebih lanjut akan diselesaikan melalui tahap : a.   Pemeriksaan lapangan; b.  Rapat koordinasi.

5.     Jawaban atas pengaduan akan disampaikan secara lisan atau tertulis. 




Dasar Hukum :

1. Undang-undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang  Administrasi Kependudukan  sebagaimana  telah  diubah  dengan  UU  no  24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan;

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

3. Peraturan  Presiden  Republik Indonesia  Nomor  96  Tahun  2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan. 




Jumlah Pelaksana:

1.  Customer Service                    :  1 orang

2.  Front Office                              :  7 orang

3.  Validator                                   :  4 orang

4.  Produksi                                   :  3 orang

5.  Petugas Pengambilan             :  1 orang

6.  Kepala Dinas                            :  1 orang 

   Lihat Standar Pelayanan Selengkapnya