Standar Pelayanan

PELAYANAN PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELETRONIK (KTP- EL) PERUBAHAN DATA, HILANG DAN RUSAK

Persyaratan :

1.   Penduduk melampirkan :
a.   SKP    (jika    permohonan    karena    pindah    datang    antar
Kab/Kota/Provinsi;
b. KTP-el dan Fotocopy surat keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting (jika perubahan data)
c.   KTP-el rusak (jika KTP-el rusak);
d.  Surat Kehilangan dari kepolisian (jika permohonan karena hilang)




Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

1. Tatap muka langsung
a. Pemohon  mengisi  Formulir  F-1.02  (Formulir  Pendaftaran Peristiwa Kependudukan);
b. Pemohon  mengisi  Formulir  F-1.06  (  Formulir  perubahan elemen data kependudukan) jika permohonan perubahan elemen data kependudukan;
c. Front Office menerima dan memverifikasi kelengkapan berkas persyaratan. Jika berkas tidak lengkap dikembalikan kepada pemohon;
d. Front  Office  menginput  dan  mengupload  permohonan penerbitan KTP-EL pada Aplikasi Loket dan diteruskan ke Validator;
e. Validator    mengoreksi,    memverifikasi    dan    menyetujui permohonan penerbitan KTP-EL. Jika data tidak sesuai dengan berkas  dikembalikan /dibatalkan ke front office dan jika sudah sesuai maka di setujui validator dan diteruskan ke bagian produksi;
f.   Bagian Produksi mencetak KTP-EL dan melakukan update status pada antrian pencetakan dokumen menjadi sudah dicetak. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
g.  Bagian Pengambilan menyerahkan KTP-EL kepada pemohon;


2. Daring (Online)
a. Pemohon  mengisi  Formulir  F-1.02  (Formulir  Pendaftaran Peristiwa Kependudukan) dan mengisi Formulir F-1.06 (Formulir perubahan elemen data kependudukan) jika ada perubahan elemen data kependudukan, melalui Loket Online;
b. Front   Office   menerima   dan   memverifikasi   kelengkapan berkas persyaratan. Jika berkas tidak lengkap dikembalikan kepada pemohon dan akan mendapatkan SMS pembatalan;
c.    Front   Office   menginput   dan   mengupload   permohonan penerbitan KTP-EL pada Aplikasi Loket dan diteruskan ke Validator;
d.   Validator    mengoreksi,    memverifikasi    dan    menyetujui permohonan penerbitan KTP-EL. Jika data tidak sesuai dengan berkas  dikembalikan /dibatalkan ke front office dan jika sudah sesuai maka di setujui validator dan diteruskan ke bagian produksi;
e. Operator Cetak Kecamatan mencetak KTP-EL dan melakukan update status pada antrian pencetakan dokumen menjadi sudah dicetak. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
f.    Pemohon mengambil KTP-EL di loket Kecamatan;




Jangka Waktu Pelayanan :

1 (satu) hari kerja 




Biaya / Tarif :

Tidak ada biaya/tarif 




Produk Pelayanan :

KTP-El




Pengelolaan Pengaduan, saran dan masukan :

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri hanya menangani pengaduan yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang menjadi kewenangannya;

2. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, saran dan masukan melalui :

a.    Petugas Pengaduan;

b.   Media non Elektronik      :  surat dan kotak pengaduan;

c.   Media elektronik               :

Telepon                              :  (0273) 321468

Whatsapp/Telp/SMS      :  0823-2872-9953

Website                              :   www.disdukcapil.wonogirikab.go.id ; www.lapor.go.id

Email                                  :  disdukcapil@wonogirikab.go.id

Twiter                                 :  @disdukcapilwng 

Instagram                           :  disdukcapilwng

Facebook                            :  disdukcapilwng

Youtube                              :  Disdukcapil Wonogiri

 

3.    Pengaduan yang disampaikan secara langsung dan dapat diselesaikan saat pengaduan diterima maka petugas pengaduan akan menyampaikan jawaban saat itu juga dengan sepengetahuan atasan/pimpinan;

4.    Pengaduan yang memerlukan kajian lebih lanjut akan diselesaikan melalui tahap : a.   Pemeriksaan lapangan; b.  Rapat koordinasi.

5.     Jawaban atas pengaduan akan disampaikan secara lisan atau tertulis. 




Dasar Hukum :

1. Undang-undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang  Administrasi Kependudukan  sebagaimana  telah  diubah  dengan  UU  no  24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan;

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

3. Peraturan  Presiden  Republik Indonesia  Nomor  96  Tahun  2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan. 




Jumlah Pelaksana:

1.  Customer Service                    :  1 orang

2.  Front Office                              :  7 orang

3.  Validator                                   :  4 orang

4.  Produksi                                   :  3 orang

5.  Petugas Pengambilan             :  1 orang

6.  Kepala Dinas                            :  1 orang 

   Lihat Standar Pelayanan Selengkapnya