Standar Pelayanan

PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) BARU, PERUBAHAN DATA, HILANG DAN RUSAK

Persyaratan :

1.   Foto copy Kartu Keluarga terbaru;
2.   Foto copy Kutipan Akta Kelahiran;
3.   Usia 5 tahun ke atas, ditambah pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar;
4.   KIA rusak (Jika permohonan KIA rusak);
5.   Surat kehilangan dari kepolisian (jika permohonan KIA karena hilang);




Sistem, Mekanisme, dan Prosedur :

1. Tatap muka langsung
a.   Pemohon menyerahkan berkas persyaratan;
b.  Front Office meneliti kelengkapan berkas persyaratan. Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data. Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon;
c.   Front Office menginput data di SIAK dan aplikasi loket serta memproses pengajuan Tanda Tangan elektronik KIA;
d.  Validator  memvalidasi  permohonan  Kartu  Identitas  Anak (KIA) dan verifikasi TTE. Jika setuju meneruskan ke Kepala Dinas. Jika tidak setuju mengembalikan ke front office;
e.   Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik /TTE Kartu Identitas Anak (KIA);
f.   Bagian Produksi mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan melakukan  update  status  menjadi  sudah  dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
g.  Petugas  Pengambilan  menyerahkan  Kartu  Identitas  Anak (KIA) kepada pemohon;

2.   Daring (Online)
a. Pemohon mengirim berkas persyaratan secara Online;
b. Front    Office    menerima,    meneliti    dan    memverifikasi kelengkapan berkas persyaratan, Jika sesuai dilanjutkan ke proses input data, Jika tidak sesuai, berkas dikembalikan kepada pemohon dan akan mendapatkan SMS pembatalan;
c. Front   Office   menginput   data   di  SIAK   dan   memproses pengajuan Tanda Tangan elektronik KIA;
d. Validator  memvalidasi  permohonan  Kartu  Identitas  Anak (KIA) dan verifikasi TTE. Jika setuju meneruskan ke Kepala Dinas. Jika tidak setuju mengembalikan ke front office;
e. Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik /TTE Kartu Identitas Anak (KIA);
f. Operator Cetak Kecamatan mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan melakukan update status menjadi sudah dicetak/selesai. Pemohon mendapatkan SMS pengambilan;
g. Pemohon  mengambil  Kartu  Identitas  Anak  (KIA)  di  loket Kecamatan;




Jangka Waktu Pelayanan :

1 (satu) hari kerja 




Biaya / Tarif :

Tidak ada biaya/tarif 




Produk Pelayanan :

KIA




Pengelolaan Pengaduan, saran dan masukan :

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri hanya menangani pengaduan yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang menjadi kewenangannya;

2. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, saran dan masukan melalui :

a.    Petugas Pengaduan;

b.   Media non Elektronik      :  surat dan kotak pengaduan;

c.   Media elektronik               :

Telepon                              :  (0273) 321468

Whatsapp/Telp/SMS      :  0823-2872-9953

Website                              :   www.disdukcapil.wonogirikab.go.id ; www.lapor.go.id

Email                                  :  disdukcapil@wonogirikab.go.id

Twiter                                 :  @disdukcapilwng 

Instagram                           :  disdukcapilwng

Facebook                            :  disdukcapilwng

Youtube                              :  Disdukcapil Wonogiri

 

3.    Pengaduan yang disampaikan secara langsung dan dapat diselesaikan saat pengaduan diterima maka petugas pengaduan akan menyampaikan jawaban saat itu juga dengan sepengetahuan atasan/pimpinan;

4.    Pengaduan yang memerlukan kajian lebih lanjut akan diselesaikan melalui tahap : a.   Pemeriksaan lapangan; b.  Rapat koordinasi.

5.     Jawaban atas pengaduan akan disampaikan secara lisan atau tertulis. 




Dasar Hukum :

1. Undang-undang  Nomor  23  Tahun  2006  tentang  Administrasi Kependudukan  sebagaimana  telah  diubah  dengan  UU  no  24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan;

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang  Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

3. Peraturan  Presiden  Republik Indonesia  Nomor  96  Tahun  2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan. 




Jumlah Pelaksana:

1.  Customer Service                    :  1 orang

2.  Front Office                              :  7 orang

3.  Validator                                   :  4 orang

4.  Produksi                                   :  3 orang

5.  Petugas Pengambilan             :  1 orang

6.  Kepala Dinas                            :  1 orang 

   Lihat Standar Pelayanan Selengkapnya