Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri

Pembetulan Akta Pencatatan Sipil

Melalui Loket Disdukcapil

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi :

NO KOMPONEN URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Syarat-syarat pelayanan penerbitan Pembetulan Akta Pencatatan Sipil:

  1. Dokumen autentik yang menjadi persyaratan pembuatan akta Pencatatan Sipil dan Formulir Pembetulan Akta
  2. Akta Pencatatan Sipil dimana terdapat kesalahan tulis redaksional / rusak
  3. Surat Kehilangan Dari Kepolisian Bagi Akta Pencatatan Sipil yang Hilang
  4. Fotocopy KTP (untuk duplikat akta kelahiran foto copy KTP orang tua)
  5. Fotocopy KK
  6. Foto suami istri berjajar 4x6 berwarna(untuk duplikat akta perkawinan)

           Tambahan bagi WNA

  1. Fotocopy dokumen keimigrasian
  2. Fotocopy passport

2.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

  1. Pemohon datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengambil nomor antrian di mesin antrian;
  2. Pemohon dipanggil  Front Office (FO) sesuai nomor antrian;
  3. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi oleh  Front Office (FO) Dinas kemudian dilakukan penginputan pada Aplikasi Loket Adminduk Online dan Aplikasi SIAK, Pemohon mendapatkan nomor pendaftaran;
  4. Apabila tidak memenuhi persyaratan maka Front Office (FO) Dinas membatalkan permohonan dan menginformasikan kepada pemohon untuk melengkapi berkas persyaratan ;
  5. Permohonan yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online dan aplikasi SIAK masuk antrian validator Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil untuk di validasi;
  6. Permohonan divalidasi oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator, Permohonan yang disetujui masuk antrian cetak bagian produksi. Apabila permohonan belum memenuhi persyaratan, permohonan dibatalkan dan Front Office (FO) menginformasikan kepada pemohon bahwa berkas tidak memenuhi persyaratan dan untuk melengkapi;
  7. Bagian Produksi melakukan verifikasi draf produk untuk memastikan kebenaran hasil cetakan produk Adminduk. Apabila terdapat kesalahan input maka akan dilakukan pembetulan input data dan jika terdapat kesalahan diberkas maka akan dibatalkan,  kemudian pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa berkas tidak memenuhi persyaratan dan untuk melengkapi, jika sudah benar maka  Bagian Produksi memproses Pengajuan Sertifikasi Elektronik Akta Pencatatan Sipil;
  8. Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator memvalidasi Pengajuan Sertifikasi Elektronik Akta Pencatatan Sipil;
  9. Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik (TTE) pada Akta Pencatatan Sipil yang diajukan;
  10. Bagian Produksi melakukan update status pada antrian pencetakan dokumen menjadi sudah dicetak;
  11. Pemohon menerima SMS pemberitahuan permohonan telah selesai diproses dan pemberitahuan dokumen bisa diambil di loket pengambilan;
  12. Pemohon mengambil Akta pencatatan Sipil di loket pengambilan;
  13. Petugas loket Pengambilan menyerahkan Akta Pencatatan Sipil kepada Pemohon dan mengupdate status pengambilan dokumen menjadi sudah diambil.
     

3.

Jangka waktu pelayanan

2 hari kerja  

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)

5.

Produk pelayanan

Kutipan Kedua Akta Pencatatan Sipil

6.

Penanganan, pengaduan, saran, dan masukan

  1. Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  2. Kotak saran
  3. Media telepon (0273) 321468
  4. WA/Hotline: 081326992499, 082328729940
  5. Email : disdukcapil@wonogirikab.go.id; disdukcapil@gmail.com
  6. Twitter : @disdukcapilwng
  7. FB: Disdukcapil Kab Wonogiri
  8. Website: disdukcapil.wonogirikab.go.id

Video Alur

Jl. Jend. Sudirman No.147, Kabupaten Wonogiri
(0273) 321468
0823-2872-9953
Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri untuk pelayanan administrasi kependudukan online
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang