Akta Kelahiran
Melalui Loket Kecamatan
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi :
NO
|
KOMPONEN
|
URAIAN
|
1.
|
Persyaratan Pelayanan
|
Syarat-syarat pelayanan penerbitan Akta Kelahiran:
- FORMULIR F2.01 (FORMULIR PELAPORAN PENCATATAN SIPIL)
- Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/bidan/penolong / desa / Kelurahan
- SPTJM Kebenaran Data Kelahiran (jika tidak ada Surat Keterangan Kelahiran dokter/bidan/penolong)
- Buku Nikah/Akta perkawinan atau bukti lain yang sah (Asli)
- SPTJM Kebenaran Sebagai Pasangan Suami Istri (jika tidak memiliki buku nikah/Akta perkawinan atau bukti lain yang sah)
- KK orang tua asli
- Foto copy KTP orang tua (Ayah dan Ibu)
- Foto copy KTP 2 (dua) orang saksi
|
2.
|
Sistem, mekanisme, dan prosedur
|
- Pemohon datang di Kecamatan;
- Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi oleh Operator Loket Adminduk Online Kecamatan kemudian dilakukan penginputan pada Aplikasi Loket Adminduk Online dan penginputan data aplikasi SIAK, Pemohon mendapatkan nomor pendaftaran;
- Permohonan yang telah diinput di Aplikasi Loket Adminduk Online dan Aplikasi SIAK, masuk antrian validator Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil untuk divalidasi;
- Permohonan divalidasi oleh Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator, apabila permohonan disetujui maka Pemohon akan menerima SMS Gateway Pemberitahuan bahwa permohonan sudah divalidasi dan selanjutnya untuk mengirimkan berkas fisik persyaratan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui PT POS Indonesia. Namun, apabila permohonan belum memenuhi persyaratan permohonan dibatalkan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa permohonan dibatalkan beserta sebab dibatalkannya;
- Loket Pengambilan menerima berkas yang dikirim dari pemohon melalui POS dan memverifikasi kelengkapan berkas kemudian mengupdate status permohonan menjadi berkas sudah diterima dan selanjutnya masuk ke antrian Bagian Produksi, apabila berkas belum memenuhi persyaratan maka akan dibatalkan dan pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan bahwa permohonan dibatalkan beserta sebab dibatalkannya;
- Bagian Produksi melakukan verifikasi draf produk untuk memastikan kebenaran hasil cetakan produk Adminduk, apabila terdapat kesalahan inputan maka akan dilakukan pembetulan inputan dan jika terdapat kesalahan diberkas maka akan dibatalkan kemudian pemohon mendapatkan SMS Gateway pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan dan untuk melengkapi, jika sudah benar maka Bagian Produksi memproses pengajuan Sertifikasi Elektronik (TTE);
- Kasi pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil atau Validator memvalidasi Pengajuan Sertifikasi Elektronik Akta Kelahiran dan Kasi pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk memvalidasi Pengajuan Sertifikasi Elektronik Kartu Keluarga (KK);
- Kepala Dinas memproses Sertifikasi Elektronik Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK);
- Bagian Produksi mencetak Register Kelahiran yang telah mendapatkan Sertifikasi Elektonik (TTE);
- Operator Loket Adminduk Online Kecamatan Mencetak Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA yang telah mendapat sertifikasi dari Kepala Dinas Melalui Aplikasi SIAK pada Menu Daftar/Cetak Sertifikasi Elektronik Kelahiran WNI menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram;
- Operator Loket Adminduk Online Kecamatan melakukan update status pada antrian pencetakan dokumen menjadi sudah dicetak;
- Pemohon menerima SMS pemberitahuan permohonan telah selesai diproses dan pemberitahuan dokumen bisa diambil di Kecamatan;
- Pemohon mengambil Akta Kelahiran yang bertanda tangan elektronik di Kecamatn;
|
3.
|
Jangka waktu pelayanan
|
2 hari kerja
|
4.
|
Biaya/tarif
|
Tidak dipungut biaya (Gratis)
|
5.
|
Produk pelayanan
|
Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KIA
|
6.
|
Penanganan, pengaduan, saran, dan masukan
|
- Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
- Kotak saran
- Media telepon (0273) 321468
- WA/Hotline: 081326992499, 082328729940
- Email : [email protected]; [email protected]
- Twitter : @disdukcapilwng
- FB: Disdukcapil Kab Wonogiri
- Website: disdukcapil.wonogirikab.go.id
|
Video Alur