Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri

Pindah Penduduk Antar Kecamatan Dalam Satu Kabupaten

Melalui Loket Kecamatan

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi :

NO KOMPONEN URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Syarat-syarat pelayanan penerbitan Pindah Penduduk Antar Kecamatan Dalam Satu Kabupaten:

  1. Formulir F-1.03;
  2. KTP-el asli dan foto copy 1 lembar;
  3. KIA asli dan foto copy 1 lembar (untuk usia di bawah 17 tahun) jika sudah mempunyai KIA;
  4. Kartu Keluarga (KK);
  5. Fotokopi surat nikah legalisir. Catatan : KTP-el asli dan KIA asli diserahkan ke kecamatan tujuan.

2.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

  1. Pemohon datang ke Desa/Kelurahan;
  2. Berkas-berkas persyaratan yang sudah lengkap diverifikasi dan diinput oleh Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan pada Aplikasi Loket Adminduk;
  3. Berkas yang memenuhi persyaratan kemudian diteliti oleh Kasi pada Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk atau validator. Apabila berkas belum memenuhi persyaratan di kembalikan ke Operator Loket Adminduk Online Desa/Kelurahan dan pemohon mendapatkan SMS Pemberitahuan berkas tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi;
  4. Operator Loket Adminduk Online Kecamatan menginput pada Aplikasi SIAK;
  5. Operator Loket Adminduk Online Kecamatan melakukan Pengajuan Sertifikasi Elektronik Kartu Keluarga (KK) pada aplikasi SIAK;
  6. Pejabat Disdukcapil yang ditunjuk melakukan validasi Sertifikasi Elektronik Kartu Keluarga (KK);
  7. Kepala Dinas melakukan Sertifikasi Elektronik Kartu Keluarga (KK);
  8. Operator Loket Adminduk Online Kecamatan mencetak SKPWNI antar Kecamatan dan Kartu Keluarga (KK) yang ditinggalkan melalui menu aplikasi SIAK menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram;
  9. Operator Loket Adminduk Online Kecamatan update cetak barcode pencetakan melalui Aplikasi Loket Adminduk;
  10. Pemohon mendapatkan SMS gateway pemberitahuan  dokumen telah selesai dikerjakan;
  11. Pemohon menyerahkan berkas permohonan sebagai syarat untuk dapat mengambil SKPWNI antar Kecamatan dan Kartu Keluarga (KK) yang sudah dicetak di kecamatan;
  12. Pemohon dapat mengambil dokumen SKPWNI antar Kecamatan  dan Kartu Keluarga (KK).

3.

Jangka waktu pelayanan

1 hari kerja  

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)

5.

Produk pelayanan

SKPWNI antar kecamatan dan Kartu Keluarga (KK) yang ditinggalkan

6.

Penanganan, pengaduan, saran, dan masukan

  1. Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  2. Kotak saran
  3. Media telepon (0273) 321468
  4. WA/Hotline: 081326992499, 082328729940
  5. Email : disdukcapil@wonogirikab.go.id; disdukcapil@gmail.com
  6. Twitter : @disdukcapilwng
  7. FB: Disdukcapil Kab Wonogiri
  8. Website: disdukcapil.wonogirikab.go.id

Video Alur

Jl. Jend. Sudirman No.147, Kabupaten Wonogiri
(0273) 321468
0823-2872-9953
Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri untuk pelayanan administrasi kependudukan online
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang