Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri
INOVASI TELUNJUK SAKTI TETAP EXIS DITENGAH MIGRASI SIAK TERPUSAT
oleh Admin 13 April 2022 02:03 UMUM

Wonogiri, 11 April 2022,  Seperti kita ketahui Bersama bahwa Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 9 Pebruari Tahun 2022 Telah me-launching Sistem Informasi Administrasi Kependudukan  (SIAK) Terpusat. Sedangkan implementasinya dilapangan dilaksanakan secara bertahap,  untuk Kabupaten Wonogiri menjalankan SIAK Terpusat mulai tanggal 7 April Tahun 2022. Guna kelancaran pelaksanaan program tersebut, seluruh pegawai Disdukcapil Kabupaten Wonogiri yang terkait langsung dengan kinerja layanan Adminduk sudah mendapatkan sosialisasi dan bimbingan teknis.
Dengan diberlakukan SIAK Terpusat maka seluruh layanan Adminduk online yang terhubung sercara langsung dengan SIAK wajib dihentikan. Oleh karena itu banyak kabupaten/kota yang terdampak sehingga harus membuat system layanan online yang baru. Dalam konteks ini inovasi Telunjuk Sakti berdasarkan hasil evaluasi Tim Pusat, mendapatkan rekomendasi untuk dilanjutkan implementasinya dengan catatan harus dilakukan peningkatan system keamanan jaringan. Telunjuk Sakti merupakan system layanan loket Adminduk online yang tidak terhubung dengan SIAK maka sangat aman, kata Sungkono Kepala Disdukcapil Kabupaten Wonogiri.
Sekedar review Inovasi Telunjuk Sakti  memiliki beberapa loket online yaitu Loket Dinas, Loket Kecamatan, Loket Desa/Kelurahan, Loket Faskes ,  Loket Perorangan (Android), Loket Pengadilan Agama Wonogiri dan Loket KUA se Kabupaten Wonogiri.  Kinerja masing-masing loket terintegrasi dengan Loket Dinas Dukcapil Wonogiri yang memungkinkan terjadinya transaksi elektronik melalui upload permohonan dan persyaratannya, verifikasi, validasi, feed back kepada pemohon melalui SMS Gateway, pengiriman PDF Dokumen, perintah cetak dan tracking kemajuan proses layanan. Seluruh proses transaksi elektronik tersebut terekam dalam server Loket Telunjuk Sakti. Layanan Adminduk melalui Inovasi ini  juga tanpa pengiriman fisik berkas permohonan/paperless, pungkas Totok Sugiyarto Kabid PIAK Disdukcapil Wonogiri.
 

Tracking Permohonan
Jl. Jend. Sudirman No.147, Kabupaten Wonogiri
(0273) 321468
0823-2872-9953
Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri untuk pelayanan administrasi kependudukan online
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang