Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri
Disdukcapil Wonogiri Beri Reward untuk 5 Desa Sadar Adminduk
oleh Admin 30 November 2022 06:02 UMUM

RADARSOLO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri terus memonitoring kesadaran administrasi kependudukan (adminduk). Tercatat lima desa di Kota Sukses terpilih sebagai desa sadar adminduk.

“Sesuai petunjuk Bupati Wonogiri Joko Sutopo, disdukcapil didorong memberikan pelayanan adminduk yang lebih dekat dengan masyarakat. Harus memberikan layanan yang membahagiakan. Karena itu kami lakukan sejumlah hal, untuk memastikan layanan berkesinambungan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian, Selasa (29/11).

Pelayanan diwujudkan melalui loket online berbasis aplikasi Telunjuk Sakti. Melayani pengurusan adminduk untuk 294 desa dan kelurahan di Kota Sukses. Bisa diakses warga lewat handphone (HP) dari rumah. Sehingga lebih cepat, mudah, dan efisien.

Herdian menambahkan, monitoring dan evaluasi dilakukan lewat aplikasi Statistik Loket, Survey Kepuasan Masyarakat (SKM). Selain itu juga penelusuran aspirasi di media sosial.

“Hasilnya dijadikan dasar tiap tahun melaksanakan evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Adminduk,” kata dia.

Evaluasi dilakukan sejak 21-25 November lalu. Pihaknya menganalisa data persentase kepemilikan dokumen kependudukan dan dari hasil evaluasi akan ditetapkan lima desa/kelurahan sadar adminduk terbaik yang diberi penghargaan.

“Ada sejumlah hal yang menjadi kriteria desa/kelurahan sadar adminduk,” kata dia.

Herdian memaparkan, kriteria itu diantaranya adalah capaian kepemilikan KTP elektronik minimal 98 persen, kepemilikan KIA minimal 90 persen dan kepemilikan akte kelahiran 0-18 tahun minimal 98 lersen. Lalu juga memiliki loket adminduk online berstatus aktif dan aktif menjalankan AYO SKAK (Ayo Segera Kirim Akta Kematian).

Dari sini, terpilih lima desa paling sadar adminduk. Posisi teratad diduduki Desa Tunggur, Kecamatan Slogohimo. Disusul Desa Sumberejo, Batuwarno; Desa/Kecamatan Wuryantoro; Desa Giriharjo, Puhpelem; serta Desa Sambiroto, Pracimantoro. (al/fer/dam)

Editor:
Damianus Bram

Tracking Permohonan
Jl. Jend. Sudirman No.147, Kabupaten Wonogiri
(0273) 321468
0823-2872-9953
Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri untuk pelayanan administrasi kependudukan online
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang