Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri
Dirjen Dukcapil Kemendagri Beri Hadiah 1 Unit ADM
oleh Admin 25 May 2021 02:37 UMUM

Wonogiri, Senin 24 Mei 2021 
menjadi hari keberuntungan bagi Disdukcapil Kabupaten Wonogiri,karena hari ini mendapat hadiah 1 unit Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Prof. Zudan Arif Facrulloh Dirjen Dukcapil Kemendagri. ADM ini sebagai apresiasi atas keberhasilan layanan Adminduk online- terintegrasi di 294 Desa/Kelurahan Kabupaten Wonogiri dengan inovasi Telunjuk Sakti.Sang Profesor menegaskan bahwa layanan Adminduk ini sangat besar cakupannya, menjangkau masyarakat di pelosok desa, mampu mengatasi praktik percaloan, mempermudah masyarakat dan gratis. 
Praktik baik ini agar dicontoh oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota lainnya.


      Dalam kunjungannya ke Wonogiri Prof. Zudan diterima oleh Joko Sutopo Bupati Wonogiri. Hadir pula Wakil Bupati, Kadin Dukcapil dan Kadin  Sosial beserta staf.  Topik menarik yang dibahas dalam kunjungan  kerja ini antara lain: Upaya peningkatan cakupan dan kualitas layanan Adminduk, pemanfaatan data kependudukan, pentingnya komitmen pimpinan daerah dalam keberhasilan layanan publik dan pembangunan ekosistem Adminduk.
       

Dalam kesempatan ini Dirjen juga melaksanakan sidak ke ruang pelayanan Disdukcapil Wonogiri dan dialog langsung dengan pemohon. Saat dialog berlangsung terdengar jawaban dari pemohon bahwa layanan di sini cepat hanya sekitar 30 menit untuk penerbitan KK Dan Akta Kelahiran.
         

Sidak dilanjutkan ke Kantor Desa Sendang Kec. Wonogiri. Di sini Dirjen Dukcapil memantau secara langsung proses layanan Adminduk melalui loket online Desa, mulai dari input data permohonan sampai penyerahan dokumen kependudukan. Hasilnya sangat memuaskan untuk penerbitan KK karena pindah datang hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Hebaat kata sang Dirjen. 
      

Pada kesempatan yang sama Kamto Kepala Desa Sendang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Dirjen, Wakil Bupati dan  Kadin Dukcapil atas pembinaan dan penyediaan inovasi Telunjuk Sakti yang secara nyata mempermudah layanan Adminduk dan   juga dapat digunakan untuk penyediaan data guna menentukan sasaran penanggulangan kemiskinan.

Tracking Permohonan
Jl. Jend. Sudirman No.147, Kabupaten Wonogiri
(0273) 321468
0823-2872-9953
Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri untuk pelayanan administrasi kependudukan online
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang