UJI COBA PROGRAM “AYO SKAK” BERJALAN MULUS


15-05-2020




Wonogiri, 14 Mei 2020 
Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Berbagai terobosan inovasi layanan dikembangkan secara sistematis mulai dari perbaikan sistem antrian, layanan terintegrasi dan  pembukaan loket online:  perseorangan, desa/kelurahan, kecamatan, Disdukcapil dan Faskes. Sedangkan inovasi yang terbaru adalah program “Ayo SKAK”. Sekilas orang mengira bahwa Ayo Skak berarti ayo bermain catur. Ternyata yang dimaksud “Ayo SKAK” ini adalah “Ayo Segera Kirim Akta Kematian”.  Program layanan Adminduk berupa penyerahan Akta Kematian oleh Kepala Desa/Lurah atau yang mewakilinya kepada keluarga almarhum/almarhumah sebelum jenasah dikebumikan. Uji coba program ini dimulai pada tanggal 1 Nopember 2019 dan rencananya akan di launching oleh Bupati Wonogiri tanggal 9 April 2020, tetapi karena ada wabah Covid 19 maka pelaksanaanya dipending.
Adapun mekanisme kinerja Ayo SKAK sebagai berikut:
1. pelaporan dan permohonan akta kematian oleh Ketua RT/RW/Kadus kepada Kepala Desa/Lurah dilaksanakan pada jam kerja dan minimal 4 jam sebelum jenazah dikebumikan.
2. Kepala Desa/Lurah membuat Laporan Kematian dengan format F.2.29.
3. berdasarkan isian formulir F.2.29 Operator loket Adminduk online Desa/Kelurahan menginput permohonan akta kematian ke aplikasi loket Adminduk online.
4. berdasarkan data di aplikasi loket Adminduk online, Operator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri menginput data permohonan akta kematian di SIAK.
5. permohonan diverifikasi oleh Kasi Kelahiran dan Kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri dan diterbitkan Tanda Tangan Elektronik untuk akta kematian oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. 
6. Camat dibantu Kasi Pelayanan Umum dan Operator SIAK Kecamatan melaksanakan proses pencetakan akta kematian dan registernya.
7. Kepala Desa/Lurah mengambil akta kematian di Kecamatan dengan membawa data F.2.29.
8. Camat dibantu Kasi Pelayanan Umum dan Operator SIAK Kecamatan menyerahkan akta kematian kepada Kepala Desa/Lurah atau yang mewakilinya untuk selanjutnya diserahkan kepada keluarga almarhum/almarhumah.
9. penyerahan akta kematian dimaksud dilaksanakan secara terbuka agar diketahui oleh masyarakat. 
10. operator SIAK Kecamatan melaksanakan penyatuan Register Akta Kematian dengan Laporan F-.2.29 untuk selanjutnya dikirim ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri pada awal bulan berikutnya.
11. operator SIAK Kecamatan melaksanakan pelaporan penggunaan blangko Register dan Akta Kematian, meliputi jumlah blangko yang dicetak, rusak dan sisanya kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri pada awal bulan berikutnya.
 
Pada awal uji coba program Ayo SKAK banyak orang yang pesimis, mengingat wilayah Wonogiri yang luas dengan topografi sebagian berbukit-bukit, jarak pusat pemerintahan desa/kelurahan dengan kecamatan ada yang puluhan kilo meter, area blank spot, jaringan internet tidak lancar, kurangnya kesadaran masyarakat mengenai arti pentingnya akta kematian dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, kendala tersebut dapat diatasi dan ternyata uji coba program berjalan mulus, hasilnya sangat menggembirakan dengan bukti telah diterbitkannya 3257 akta kematian terhitung sejak tanggal 1 Nopember 2019 s.d 14 Mei 2020. Keberhasilan program ini di samping karena matangnya perencanaan, keseriusan dan disiplin para pelaksana juga mendapat dukungan yang kuat dari stakeholders di semua tingkatan. Data tahun sebelumnya cakupan kepemilikan akta kematian di Kabupaten Wonogiri masih rendah yaitu sekitar 55,41% sekarang meningkatkan drastis mencapai 63,48%. 
Banyaknya unggahan foto penyerahan akta kematian oleh Kepala Desa/Lurah pada pada prosesi upacara pemberangkatan jenazah menggambarkan antusias yang tinggi dikalangan Pemerintah Desa dalam mendukung program ini. Tumino Lurah Giripurwo Kecamatan Wonogiri memberikan testimoni bahwa program AYO SKAK sangat bagus karena dapat meningkatkan trust masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa/kelurahan.  Sedangkan Mulyono warga Dusun Brubuh Desa Ngadirojo Lor mengatakan saya senang dan menjadi terhibur dalam suasana duka ketika Pak Kepala Desa menyerahkan Akta Kematian almarhum ayah saya.
Adapun dampak positif yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya cakupan kepemilikan akta kematian, meningkatnya akurasi data kependudukan dan tertibnya dokumen kependudukan. 

Menurut anda, apakah isi website ini bersifat informatif?

Pilih
Disdukcapil Kabupaten Wonogiri

Jln. Kabupaten No. 5, Wonogiri
Email: disdukcapil.wonogirikab@gmail.com
Twitter : @disdukcapilwng

Kritik dan Saran
Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (50572 Kunjungan)
  • Hits (50572 Kunjungan)
  • Hari Ini (38 Kunjungan)
  • Kemarin (97 Kunjungan)