COVID 19 MENGUJI KEHANDALAN INOVASI LAYANAN ADMINDUK “TELUNJUK SAKTI” DAN “PAK POS”


30-04-2020




Wonogiri, 29 April 2020, Luar biasa........ kata singkat yang  pantas untuk memuji keberhasilan layanan online Adminduk di Kabupaten Wonogiri, pasalnya “TELUNJUK SAKTI” dan “PAK POS”  telah menjadi solusi yang aman, mudah dan cepat dalam melayani masyarakat di tengah merebaknya pandemi Covid 19. Untuk mengingat kembali informasi yang pernah disampaikan beberapa bulan yang lalu, bahwa Disdukcapil Kabupaten Wonogiri pada tanggal 2 Mei 2019 meluncurkan program TELUNJUK SAKTI yaitu  inovasi online Layanan Administrasi Kependudukan yang menggunakan  Sistem Administrasi kependudukan Berbasis Teknologi Informasi. Jadi masyarakat Wonogiri yang akan mengurus Adminduk cukup memprosesnya melalui Android, Loket Online Kecamatan, Loket Online Desa/Kelurahan dan Loket Online Rumah Sakit/Klinik Bersalin. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong dan mengantri di kantor Disdukcapil Kabupaten Wonogiri. 
Sedangkan  berkas phisik persyaratannya dapat dikirim melalui jasa Kantor Pos dengan program PAK POS (Pengelolaan Administrasi Kependudukan melalui Pos)
 
Program ini merupakan Kerjasama Disdukcapil Kabupaten Wonogiri dengan PT Pos Wonogiri dalam hal pengiriman berkas permohonan Adminduk dari pemohon ke Disdukcapil dan pengiriman produk dokumen Adminduk dari Disdukcapil ke alamat pemohon yang telah dijalankan sejak 1 Nopember 2019.    Sehingga dalam suasana mewabahnya Covid 19, dimana pemerintah memberlakukan protokol social distancing/physical distancing dan di instansi pemerintah dihimbau untuk melaksanakan pelayanan online, bagaikan gayung bersambut  bahwa program inovasi ini bisa menjawab tantangan tersebut, dimana masyarakat cukup menunggu di rumah saja, petugas pos dalam waktu 24 jam akan datang dirumahnya menyampaikan dokumen Adminduk yang dimohon.
Dari data Disdukcapil diketahui pengiriman layanan adminduk melalui POS sejak diberlakukan social distancing tanggal 20 Maret s.d 29 April 2020 sejumlah 934, sedangkan total seluruh layanan sejak 1 Nopember Tahun 2019 sejumlah 2.402. Adapun proses permohonan layanan 100% menggunakan sistem aplikasi online TELUNJUK SAKTI didukung telepon dan WA group untuk penyelesaian dokumen bermasalah. Situasi Kantor Disdukcapil Kabupaten Wonogiri sangat sepi yang tampak diruang pelayanan hanya petugas front office dan pegawai Kantor POS Wonogiri, suasana seperti ini memungkinkan pegawai bekerja lebih nyaman dan konsentrasi penuh sehingga produktivitas meningkat. Hal ini terbukti meskipun kekuatan personil yang bekerja hanya 50% karena pengaturan work from home (WFH) pekerjaan dapat berjalan lancar. Adapun data layanan TELUNJUK SAKTI sebagai berikut: 
1. Layanan Loket Online Disdukcapil  5%.
2. Layanan Loket Online Adminduk Kecamatan 6%.
3. Layanan Loket Online Adminduk Desa/Kelurahan 62%.
4. Layanan Loket Online Adminduk RS/RB/Klinik Bersalin 9%.
5. Layanan Loket Online Adminduk Android (Perseorangan) 18%.       

Menurut anda, apakah isi website ini bersifat informatif?

Pilih
Disdukcapil Kabupaten Wonogiri

Jln. Kabupaten No. 5, Wonogiri
Email: disdukcapil.wonogirikab@gmail.com
Twitter : @disdukcapilwng

Kritik dan Saran
Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (55565 Kunjungan)
  • Hits (55565 Kunjungan)
  • Hari Ini (87 Kunjungan)
  • Kemarin (119 Kunjungan)